BLANTERWISDOM101

Saatnya mengganti Eclipse dengan Android Studio

Monday, October 28, 2013

Baca Juga
Android Studio
Android Studio adalah lingkungan pengembangan Android terbaru berdasarkan IntelliJ IDEA. Mirip dengan Eclipse dengan ADT Plugin, Android Studio menyediakan alat pemrograman Android terintegrasi untuk pengembangan dan debugging. Di atas kemampuan yang Anda harapkan dari IntelliJ.

Feature Android Studio
  • Berbasis Gradle.
  • Refactoring Android - Spesifik dan perbaikan yang cepat.
  • Lint untuk menangkap kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi dan masalah lainnya.
  • ProGuard dan aplikasi - penandatanganan kemampuan.
  • Wizard template untuk membuat desain Android umum dan komponen.
  • Sebuah layout editor Modern yang memungkinkan Anda untuk drag-and-drop UI komponen, layout pratinjau pada beberapa konfigurasi layar , dan banyak lagi. 
  • Built-in mendukung untuk Google Cloud Platform, sehingga mudah untuk mengintegrasikan Google Cloud Messaging dan App Engine sebagai komponen server-side.

Cara Install Android Studio
  1. Download Android Studio.
  2. Jalankan file EXE Android Studio, android-studio-bundle-(version).exe
  3. Ikuti step-step penginstallan Android Studio sampai dengan selesai.
Masalah : Pada beberapa sistem Windows, script applikasi tidak menemukan di mana Java terpasang. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda perlu mengatur variabel lingkungan yang menunjukkan lokasi yang benar.
Pilih menu Start > Computer> System Properties > Advanced System Properties. Kemudian buka tab Lanjutan > Variabel Lingkungan dan menambahkan sistem baru variabel JAVA_HOME yang menunjuk ke folder JDK Anda, misalnya C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_21.

Memulai Membuat Project
Ketika Anda memulai Android Studio untuk pertama kalinya, Anda akan melihat layar Welcome yang menawarkan beberapa cara untuk memulai :
  • Untuk mulai membangun aplikasi baru, klik New Project
Ini mulai New Project wizard, yang membantu Anda mengatur proyek menggunakan template aplikasi
  •  Untuk mengimpor sebuah proyek aplikasi Android yang ada , klik Import Project
Catatan : Jika Anda sebelumnya membuat proyel Android Anda dengan Eclipse, terlebih dahulu Anda harus menggunakan fitur ekspor baru di plugin ADT untuk mempersiapkan proyek Anda dengan Gradle baru untuk membangun sistem. Untuk migrasi lebih lanjut, baca juga Migrasi dari Eclipse.
Semoga Bermanfaat ^_^
Bagikan :